PEMISAHAN KOMPONEN DALAM MAKANAN DAN MINUMAN

7:39 AM

Ada berbagai cara untuk memisahkan komponen dari suatu zat, diantaranya adalah melalui ekstraksi dan distilasi. Ekstraksi merupakan teknik pemisahan suatu campuran yang terdiri atas zat pelarut dan zat terlarut, atau pemisahan suatu komponen dari komponen lainnya menggunakan zat pelarut.

Pemisahan komponen tidak hanya dilakukan pada bahan pangan tetapi juga bahan non pangan, misalnya parfum dari bunga. Parfum dapat dibuat dengan memisahkan senyawa-senyawa ester yang mudah menguap pada biji bunga dengan ekstraksi maupun distilasi.
Image result for flower extract
Ekstrak bunga dapat dijadikan sebagai aromaterapi maupun bahan dasar parfum. Sumber gambar: gerdaspillmann.files.wordpress.com

Pada proses pembuatan parfum, mula-mula senyawa esteris diekstrak dari bunga dengan cara merebusnya hingga mencapai titik didih tertentu, sehingga akan terbentuk uap. Uap tersebut selanjutnya akan dialirkan melalui selang dan kemudian didinginkan sehingga terbentuk embun atau tetesan-tetesan air yang harum aromanya.
Proses distilasi parfum. Sumber gambar: 68.media.tumblr.com
Selain itu ada proses pemisahan komponen pada bahan pangan, misalnya kopi. Ada tiga tahap dalam pembuatan kopi:
  1. Mula-mula dilakukan proses ekstraksi biji kopi, yaitu dengan menggoreng biji-biji kopi, kemudian ditumbuk dan dicampur dengan air. Setelah itu, campuran air dan kopi tersebut dididihkan sehingga kafein dalam kopi larut dalam air. 
  2. Filtrasi: Hasil ekstraksi disaring dengan kertas saring untuk diambil ekstrak kopinya yang sudah terpisah dari ampas biji kopi.
  3. Evaporasi: Ekstrak kopi disemprotkan ke dalam ruangan bertekanan rendah dimana titik didih juga rendah, sehingga air yang terdapat dalam ekstrak kopi pun menguap, dan didapatlah padatan sisa hasil penguapan tersebut yang disebut kopi bubuk.
Catatan penting: suhu dan waktu penggorengan kopi (coffee roasting) yang berbeda-beda mampu menghasilkan aroma kopi yang berbeda-beda juga.
Proses coffee roasting. Sumber gambar: www.grandmas.com.au
Adapun pemisahan suatu padatan dari padatan, diantaranya dilakukan dengan cara:
  • diayak / disaring berdasarkan ukuran
  • dirimbang
  • ditampi
  • dipisahkan sesuai perbedaan bentuk / jenis / ukuran
  • di-inter
Image result for rice winnowing
Seorang wanita sedang menampi beras. Sumber gambar: ih1.redbubble.net

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

-

Flickr Images