PIRAMIDA MANAJEMEN

5:40 AM

Manajemen adalah suatu tindakan manipulasi, dimana sekelompok orang / sumber daya manusia (SDM) / sumber daya lainnya dimanfaatkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Setiap perusahaan, pasti memiliki visi dan misiVisi adalah suatu gambaran / angan-angan yang abstrak / tidak dapat diukur. Sebagai contoh: suatu partai memiliki visi untuk "menjaga hati nurani rakyat", sementara hati nurani rakyat adalah sesuatu yang tidak dapat diukur. Adapun contoh-contoh visi lainnya, seperti:
  • Menjamin kesejahteraan bangsa
  • Asah, asih, asuh
Di sisi lain, misi hampir sama seperti visi karena tidak dapat diukur, tetapi lebih konkret. Contoh:
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa
Piramida Visi dan Misi Manajemen. Sumber: www.group50.com

Berikutnya, tujuan menggambarkan maksud didirikannya sebuah perusahaan. Pada dasarnya, semua perusahaan, bahkan gerakan/ perhimpunan nonprofit sekaligus memiliki tujuan yang sama, yaitu memperoleh keuntungan, karena setiap usaha tidak akan bisa berjalan tanpa adanya keuntungan. Usaha yang sama sekali tidak memperoleh keuntungan hanya akan berakhir bangkrut. 

Adapun sasaran diperlukan untuk mencapai tujuan. Sasaran (target) adalah tujuan yang diboboti / diatur sedemikian rupa. Sasaran itu terukur, contohnya:
  • Meningkatkan pendapatan masyarakat dalam kurun waktu tertentu.
Dalam mencapai sasaran, ada sumber-sumber daya yang dibutuhkan, diantaranya adalah aset, sumber daya manusia (SDM), teknologi, energi, waktu, kepercayaan, budget, dan network.

Selanjutnya, arah (direction) merupakan cara/ strategi untuk mencapai tujuan. Rencana strategis berbeda dengan rencana pada umumnya. Rencana yang strategis memiliki ciri khas bahwa membutuhkan biaya yang sangat besar untuk mengubahnya (yang berarti dampaknya sangat besar bila diubah). Contoh sederhananya, skripsi yang telah selesai disusun secara strategis akan sangat membutuhkan biaya yang mahal bila harus diubah / disusun kembali dari awal. Berikut ini merupakan contoh pemanfaatan sumber-sumber daya yang bila disatukan menjadi rencana strategis yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran:
  • Sumber daya manusia dan orang kepercayaan
    • Kita dapat memperkerjakan orang lain yang memiliki skill/kemampuan yang kita inginkan/ butuhkan tetapi tidak kita miliki.
  • Network
    • Network yang kita butuhkan pun dapat diperoleh selama kita memiliki uang.
  • Teknologi
    • Teknologi canggih yang mendukung / memfasilitasi kinerja pun dapat diperoleh dengan mudah selama memiliki uang.
  • Waktu
    • Waktu merupakan satu-satunya sumber daya yang tidak dapat diperoleh menggunakan uang. Waktu tidak dapat dibeli, dipinjam, maupun dimanipulasi. Bisa tidaknya segala kegiatan dikerjakan sangat bergantung pada susunan prioritas kita.
Berbagai arah untuk mencapai strategi. Sumber: http://blog.aicpa.org
Dalam perjalanan mencapai sasaran, arah seringkali berbelok / menyimpang. Oleh karena itu, dibutuhkan taktik (maneuver) untuk mengatur agar arah yang menyimpang tersebut dapat kembali ke tujuan yang semula (contoh: maneuver kapal). Taktik/maneuver adalah gerakan improvisasi sesaat untuk mengelabui pesaing kita. Taktik diterapkan ketika hambatan dihadapi, seperti gerakan untuk menghadapi pesaing yang ingin mengecoh kita. 

Jadi, dengan mempelajari ilmu manajemen ini, penting untuk kita mengetahui bahwa sasaran dalam mendirikan suatu usaha harus selalu dinyatakan dan diterapkan oleh setiap perusahaan (termasuk anggota didalamnya), karena usaha tanpa sasaran hanyalah sebuah mimpi

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

-

Flickr Images