Manajemen Menurut Henry Fayol, Manajemen dalam Suatu Usaha, dan Siklus Hidup Produk
1:26 AM
Henry Fayol merumuskan konsep manajemen dalam buku berjudul "General and Industrial Management".
Dalam buku tersebut, tertulis bahwa sistem manajemen memiliki 5 fungsi atau elemen, yaitu Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Komando/ Perintah (Command), Koordinasi (Coordination), dan Pengendalian (Control). Selain itu, Fayol juga merumuskan 14 prinsip manajemen yang meliputi:
- Divisi Kerja
- Kewenangan
- Disiplin
- Kesatuan komando
- Satu visi dan misi
- Mementingkan kepentingan bersama
- Remunerasi
- Sentralisasi
- Rantai skalar
- Order kegiatan
- Keadilan kegiatan personail
- Stabilitas kepemilikian jabatan
- Inisiatif individu
- Kesetiakawanan
Di zaman kehidupan Maya, sistem manajemen telah diterapkan yang dapat dilihat dari adanya urban farming (pertanian di perkotaan) yang belum memiliki sistem perairan. Pada perkembangannya, sungai dibelokkan/ dibendung sebelum waduk dibuat. Kemudian, dilakukan pemetakkan sungai di DAS (Disekitar Area Sungai). Hal ini menyebabkan sering timbulnya pertikaian antar petani mengenai petak sawah. Salah satu bentuk urban farming di zaman modern ini adalah sistem tanaman hidroponik.
Dalam penerapan sistem manajemen pada suatu usaha makanan seperti restoran, terdapat istilah-istilah seperti job qualifications, job review, dan job description.
Dalam penerapan sistem manajemen pada suatu usaha makanan seperti restoran, terdapat istilah-istilah seperti job qualifications, job review, dan job description.
Job qualifications = kualifikasi yang harus dimiliki seseorang untuk menempati suatu bidang pekerjaan.
Job review = pekerjaan yang dilakukan atasan untuk mengendalikan / mengawasi berjalannya tugas bawahan.
Job description = deskripsi mengenai apa yang menjadi tugas suatu bidang pekerjaan.
Manajemen juga diperlukan dalam siklus hidup suatu produk. Pada saat suatu produk berada diawal puncak kejayaannya (pada saat tingkat permintaan paling tinggi), suatu industri/ perusahaan yang memproduksi produk tersebut sudah harus mulai memikirkan pengembangan produk tersebut agar tidak hancur/ jatuh karena dikalahkan oleh produk lain yang memiliki inovasi baru. Hal ini digambarkan melalui kurva S.
S-curve. Sumber: http://www.bdmclient.co.uk |
0 comments